Sabtu, 07 Desember 2013

TEWASNYA PEKERJA DI WADUK TPU TEGAL ALUR, JAKBAR



Jakarta, Gapura Nusantara News.Com - Akibat kelalaian pekerja serta lemahnya pembekalan dan pengawasan CV. Karimanik Sejahtera, selaku pelaksana proyek pengurasan waduk di TPU Muslim Tegal Alur, Jakarta Barat, seorang pekerja yang diketahui bernama Tjoa A Lin alias Ko Ode meninggal dunia.

Tidak diketahui persis apa penyebab meninggalnya pekerja penguras waduk tersebut. Menurut narasumber dan merupakan salah satu teman dekat korban menceritakan, bahwa sehari sebelumnya pada hari Jumat tanggal 26 Juli 2013, Ko Ode bekerja seperti biasanya.

Namun setelah menjelang waktu istirahat Koh ode tidak tampak dan sempat membuat panik sesama pekerja. Beberapa pekerja sempat inisiatif untuk melakukan pencarian, namun hasilnya nihil.

Hingga menjelang malam, keberadaan Koh Ode masih belum diketahui. Baru keesokkan paginya, Sabtu, (27 Juli 2013) salah satu pekerja menemukan sesosok mayat mengambang di waduk TPU Tegal Alur dimana tempat Koh Ode bekerja.

Setelah mayat tersebut diidentifikasi oleh kepolisian sektor kalideres, yang disaksikan oleh beberapa pekerja dan masyarakat, dan hasil identifikasi menyatakan bahwa mayat tersebut adalah Koh Ode.

Hasil penelusuran gapura nusantara news.com dilokasi waduk TPU Tegal Alur. Koh ode yang merupakan pekerja dari CV Karimanik Sejahtera, dalam pelaksanaan tugasnya tanpa dilengkapi dan bekali keamanan atau Safety Job dalam bekerja.

CV Karimanik Sejahtera, selaku pelaksana proyek pengurasan waduk TPU Tegal Alur, tidak memberikan fasilitas maupun sarana untuk para pekerjanya.

Salah satu pekerja mengatakan bahwa pelaksana proyek tersebut tidak memberikan dan membekali sarana untuk bekerja, apalagi keamanan.

Untuk pembersihan eceng gondok disekitar waduk, pekerja hanya menggunakan rakit yang terbuat dari gedebong pisang dan dengan alat yang seadanya. Seharusnya para pekerja dilengkapi alat yang menunjang dan dilengkapi dengan keamanan dalam bekerja.

Ini menjadi perhatian yang serius, khususnya kasudin  Pemakaman Jakarta barat selaku Kepala pelaksana proyek pengurasan waduk TPU Tegal Alur dalam pembekalan terhadap perusahaan rekanan proyek tentang safety Job.

Dan adakah sosialisasi sebelum pelaksanaan proyek tentang safety Job, terhadap para pekerja yang akan melaksanakan proyek tersebut???.(Dedy & Agung)

Video : 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar