Kamis, 15 Agustus 2013

Plakatisasi Taman Pemakaman Umum di Jakarta


Jakarta, Gapura Nusantara- Program Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta tahun 2013 tentang Kegiatan Plakatisasi  (Perapihan Batu Nisan) di 5 Lokasi Taman Pemakaman Umum (TPU), diharapkan dapat menciptakan pemakaman di Jakarta menjadi pemakaman HITT (Hijau Indah Tertib Teratur). 

Dalam hal ini masayarakat Luas, ahli waris dan peziarah agar turut serta berpartisipasi mendukung Program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut. Dengan adanya Plakatisasi agar masyarakat luas, ahli waris dan para keluarga, yang pemakamannya masih berbentuk perkerasan/semen agar mengetahui dan mendukung program Dinas Pertamanan dan Pemakaman,  yang akan membongkar dan meratakan, serta mengganti dengan taman rumput  hijau, dan diatasnya cukup ditandai dengan plaket, agar tampak rapi, hijau  indah dan asri.

Satibi Darwih Kepala TPU Tegal Alur Unit Islam Jakbar, sambut baik dengan adanya Plakatisasi yang akan dilaksanakan bulan Agustus 2013 ini. “Rencananya sebanyak  ±  338 makam di TPU Tegal Alur akan di Plakatisasi, dan lokasi yang akan di Plakatisasi diantaranya  Blok AA II,  Blad 1 sebanyak  245 makam  dan Blad 4  sebanyak  93 makam”, katanya.

Menurutnya dengan adanya  kegiatan Plakatisasi seperti ini,  diharapkan pemahaman masyarakat, ahli waris semakin meningkat. Sehingga program Menuju Pemakaman HITT (Hijau Indah Tertib Teratur) di Jakarta terrealisasi dengan baik.

“Selain makam tampak rapi indah, Juga menambah volume resapan air dilokasi pemakaman. Kelak, masyarakat para ahli waris apabila berkunjung/berziarah ke lokasi pemakaman merasa nyaman karena pemakaman sudah tidak becek, kesan angker tiada lagi, dan apabila keluarga ahli waris yang meninggal dan hendak ditumpang pada makam keluarganya tersebut, maka akan mudah digali dan dirapikan kembali, ujarnya menerangkan kepada wartawan Gapura Nusantara.

Adapun pelaksanaan Kegiatan Plakatisasi di  5 (lima) titik pemakaman TPU diwilayah Jakarta, diantaranya : TPU Tegal Alur Jakarta Barat, TPU Karet Bivak Jakarta Pusat, TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan, TPU Menteng Pulo Jakarta Selatan,  dan TPU Karet Pasar Baru Barat Jakarta Pusat.
Dengan adanya penataan tersebut akan menimbulkan kesan kepada para penziarah, bahwa area makam di TPU yang ada diwilayah Jakarta saat ini kondisinya Nyaman, Indah dan Teratur dan dengan Sosialisasi ini diharapkan dapat lebih memudahkan dan menambah pemahaman masyarakat luas, tentang  Plakatisasi.(Dedy/Amsori)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar